Istilah-Istilah Dalam Ekonomi


ISTILAH-ISTILAH DALAM EKONOMI

1.     Account/ rekening/ perkiraan : Kumpulan informasi dalam suatu system akuntansi
2.     Accounting : Suatu kegiatan jasa yang fungsinya menyajikan informasi kuantitatif tentang lembaga-lembaga ekonomi terutama yang bersifat keuangan.
3.     Actual cost/ biaya actual : Biaya sesungguhnya yang dikeluarkan perusahaan.
4.     Administrative cost/ biaya administrasi : Biaya administrasi yang pada umumya disatukan dengan biaya umum dengan nama biaya administrasi dan umum.
5.     Administrative expense budget : Anggaran untuk biaya administrasi.
6.     Agen : perantara perdagangan yg nama perusahaan menjualkan barangnya didaerah tertentu.
7.     Assets/ harta/ aktiva : Sumber-sumber ekonomi  yang dikuasai oleh perusahaan dan masih memberikan kemanfaatan di masa akan datang.
8.     Average cost : Biaya rata-rata dari semua total biaya yang dikeluarkan perusahaan dalam proses produksi.
9.     Balance of trade (neraca perdagangan) : bagian dari neraca pembayaran yg merinci impor dan ekspor barang berwujud.
10.                        Break even point/ titik impas : Suatu keadaan dimana perusahaan dalam kondisi tidak mendapatkan laba atau menderita rugi.
11.                        Bursa efek : tempat diperjual belikan efek –efek atau tempat bertemunya pihak yg menawarkan dan pihak yg memerlukan dana jangka panjang.
12.                        Committed fixed cost/ biaya tetap committed : Biaya tetap yang jumlah maupun pengeluarannya dipengaruhi oleh pihak ketiga, dan tidak bisa dikendalikan oleh manajemen.
13.                        Cost accounting/ akuntansi biaya :Proses pencatatan, penggolongan, peringkasan dan penyajian biaya pembuatan dan penjualan produk dan jasa, dengan cara-cara tertentu, serta penafsiran terhadapnya.
14.                        Cost/ biaya/ beban : Nilai yang di ukur dengan uang untuk memperoleh barang/ jasa atau semua pengorbanan ekonomis yang dikeluarkan untuk memperoleh pendapatan.
15.                        Current Asset/ harta lancer : Harta/ aktiva perusahaan yang  bisa cepat di uangkan seperti piutang dan persediaan.
16.                        Dana likid : harta keuangan yg bebas resiko dan langsung dapat dikonversi menjadi uang
17.                        Depresiasi mata uang : mata uang sebuah Negara dikatakan didepresiasi apabila nilainya menurun dibandingkan dengan mata uang lainnya.
18.                        Devaluasi : penurunan nilai resmi mata uang suatu Negara disbanding mata uang lainnya atau disbanding emas
19.                        Differencial cost/ biaya diferensial : Jumlah biaya yang berbeda jika dihitung menurut satu set kondisi-kondisi tertentu disbanding dengan satu set kondisi-kondisi lain.
20.                        Direct cost/ biaya langsung : Biaya yang dikeluarkan/ dibebankan dimana biaya tersebut bisa langsung dihubungkan dengan obyek yang dibiayai/ dibebani.
21.                        Direct costing : Suatu metode penentuan harga pokok dimana hanya biaya produksi variabel saja yang dibebankan sebagai bagian dari harga pokok produksi.
22.                        Disinflasi : proses penurunan tingkat inflasi yang tinggi
23.                        Disposable income (pndapatan bebas ) : pendapatan yg sudah siap untuk dibelanjakan
24.                        Distribusi : semua kegiatan yg ditunjukan untuk menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
25.                        Efek : surat bukti utang jangka panjang (obligasi) surat tanda penyertaan modal (saham),sekuritas kredit, dan surat berharga lainnya.
26.                        Efisiensi : penggunaan sumber daya ekonomi yg menghasilkan tingkat kepuasan maksimum yg muingkin pada input tertentu.
27.                        Ekstensifikasi modal : tingkat pertumbuhan jumlah modal riil yg tepat sama dengan pertambahan angkatan kerja .
28.                        Ekuilibrium koperatif: hasil yg dicapai oleh kedua partisipan ketika mereka bertindak serempak
29.                        Equity : Modal yang ditanamkan oleh pemilik modal (investor) baik berupa saham atau aktiva lainnya.
30.                        Expired cost : Biaya yang sudah dikonsumsi habis pada tahun berjalan.
31.                        Fixed Asset/ aktiva tetap : Harta/ aktiva perusahaan yang nilai ekonomisnya lebih dari satu tahun.
32.                        Fixed cost/ biaya tetap : Biaya yang jumlah totalnya tidak berubah, walaupun kapasitas dan volume kegiatan berubah.
33.                        Garis anggaran : garis disuatu grafik yg sumbu – sumbunya menggambarkan kombinasi barang yg bisa dibeli oleh konsumen menurut pendapatan.
34.                        Imputed cost/ biaya modal sendiri : Suatu konsep yang pada dasarnya sama dengan biaya kesempatan, yaitu kesempatan memperoleh penghasilan dari modal sendiri akibat modal sendiri tersebut harus digunakan untuk beroperasi.
35.                        Indirect cost/ biaya tak langsung : Biaya yang dikeluarkan/ dibebankan dimana biaya tersebut tidak bisa dihubungkan langsung dengan obyek yang dibebani/ dibiayai.
36.                        Job order costing/ harga pokok pesanan : Suatu metode harga pokok yang cocok untuk perusahaan-perusahaan yang mengolah produksinya berdasarkan pesanan pihak tertentu.
37.                        Joint cost/ biaya bersama : Biaya overhead bersama yang harus dialokasikan ke berbagai departemen, baik dalam perusahaan yang kegiatan produksinya berdasarkan pesanan maupun yang kegiatan produksinya dilakukan secara massa.
38.                        Losses : Expired cost yang tidak mempunyai sumbangan pada pembentukan pendapatan tahun berjalan.
39.                        Marginal cost/ biaya marginal : Tambahan biaya karena keputusan untuk menambah unit yang diproduksi.
40.                        Merger : Penggabungan dua perusahaan atau lebih dengan satu nama perusahaan.
41.                        Mixed cost/ biaya campuran : Biaya yang bersifat campuran antara biaya variabel dan biaya tetap.
42.                        Opportunity cost/ biaya kesempatan : Biaya karena kesempatan memperoleh penghasilan.
43.                        Period cost : Biaya yang setiap periode harus tetap dikeluarkan atau dibebankan tanpa dipengaruhi perubahan kapasitas kegiatan.
44.                        Process costing / harga pokok proses : Suatu metode harga pokok yang cocok untuk perusahaan yang mengolah produksinya secara continue.
45.                        Product cost/ biaya produksi : Biaya yang dikeluarkan oleh fungsi produksi untuk mengolah bahan baku menjadi produk jadi.
46.                        Production cost report : Laporan tentang biaya produksi yang dikeluarkan perusahaan.
47.                        Production quantity budget : Anggaran tentang jumlah barang yang akan diproduksi pada satu periode tertentu.
48.                        Profit plan : Rencana dari manajemen yang meliputi seluruh tahap dari operasi di masa yang akan datang untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu memperoleh laba.
49.                        Relevant cost/ biaya relevan : Biaya yang patut dipertimbangkan sebagai dasar pengambilan keputusan.
50.                        Semi fixed cost/ biaya semi fixed : Biaya yang tetap untuk tingkat volume kegiatan tertentu dan berubah dengan jumlah yang konstan pada volume produksi tertentu.
51.                        Semi variable cost/ biaya semi variable : Biaya yang berubah tidak sebanding dengan perubahan volume kegiatan.
52.                        Sunk cost : Biaya akibat keputusan masa lalu yang akibatnya harus dibukukan sekarang.
53.                        Unexpired cost : Biaya yang belum dikonsumsi tahun berjalan dan diharapkan akan dipakai untuk membentuk pendapatan di masa yang akan datang.
54.                        Variabel cost/ biaya variable :Biaya yang jumlah totalnya berubah-ubah secara proporsional (dalam persentase yang sebanding) dengan perubahan kegiatan.
55.                        Variabel costing : Suatu metode penentuan harga pokok dimana penyajian laporan laba rugi dan perhitungan harga pokok didasarkan atas tingkah laku biaya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar